Smartphone Baru Nokia Bakal Kedapatan Android O

Smartphone Baru Nokia Bakal Kedapatan Android O

45
0
BERBAGI

Kumparan – Untuk saat ini, ponsel Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 memang belum tersedia di pasaran. Dikabarkan bulan Juni ini ketiganya baru akan meluncur di pasar ponsel pintar global.

Sebelum rilis, informasi penting terkait fitur ketiga ponsel itu sudah bocor ke publik. HMD Global, pemilik lisensi Nokia saat ini, mengkonfirmasi kepada blog teknologi TechRadar jika trio ponsel itu akan memiliki kemampuan untuk diperbarui ke sistem operasi Android terbaru, yaitu versi 8 alias Android O.

Saat sistem operasi itu sudah tersedia, nantinya pengguna bisa langsung melakukan pembaruan sistem ke Android O.

Seorang juru bicara HMD Global mengatakan kepada TechRadar, “Ponsel-ponsel itu akan memiliki pembaruan Android O saat sistem itu sudah tersedia dari Google untuk mitra manufaktur orisinal mereka, sama seperti pembaruan keamanan Android yang didapatkan HMD Global per bulan.”

Android O sendiri kemungkinan baru akan hadir pada kuartal tiga tahun 2017, sekitar September atau Oktober. Pada 17 Mei lalu, detail seputar kemampuan dari Android O sudah diungkapkan di acara konferensi teknologi Google I/O 2017 di Mountain View, California, AS.

Android O dipastikan bakal memiliki beberapa fitur penting dalam sistemnya. Daya tahan baterai, keamanan, waktu ponsel menyala, dan stabilitas menjadi beberapa poin vital yang ditingkatkan Google dalam Android O.

Juru bicara HMD Global tersebut belum bisa memberikan komentar seputar kapan Android O akan hadir di Nokia 6, 5, dan 3, tapi kemungkinan akan butuh waktu beberapa bulan untuk mengeluarkan software terbaru itu.

Melihat ketiga ponsel itu sudah menjalankan sistem operasi Android 7 (Nougat), proses perubahan ke Android 8 diyakini akan lebih cepat dan mudah.

TechRadar memperkirakan Android O akan mulai bisa dinikmati di tiga ponsel Nokia itu sebelum Natal.

(sumber: https://kumparan.com/jofie-yordan/smartphone-baru-nokia-bakal-kedapatan-android-o)