Tips Agar Ibu Bisa Tes Kehamilan Sendiri Dirumah

Tips Agar Ibu Bisa Tes Kehamilan Sendiri Dirumah

0
BERBAGI
tes kehamilan
src: mamanatural

Ada banyak cara untuk tes kehamilan secara alami di rumah. Beberapa diantaranya menggunakan bahan-bahan yang bisa anda temukan di dapur. Karena semua bahan ini ada dalam jangkauan, maka sebelum bergegas menuju apotik untuk membeli alat tes kehamilan bila menstruasi belum juga datang, ada baiknya anda mencoba cara-cara alami ini. Mengapa? Agar, anda tidak terlalu kecewa jika test pack anda menunjukkan hasil garis satu saja alias negatif.

Pertama, anda bisa mencoba tes kehamilan secara alami menggunakan baking soda. Taruh dua sendok makan baking soda ke dalam gelas. Lalu, campurkan dengan urine anda yang pertama kali dipagi hari. Rasio urine dan baking soda harus pas agar reaksi yang muncul benar-benar akurat. Apabila anda melihat ada buih atau busa pada gelas, maka kemungkinan besar anda hamil. Namun, bila setelah 10 menit tidak terjadi reaksi apa pun, atau buih yang terlihat hanya sedikit saja, maka kemungkinan besar anda tidak hamil.

Kedua, tes kehamilan menggunakan kubis merah atau ada juga yang  menyebut kubis ungu. Untuk tes satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk tes kehamilan, tetapi juga tes jenis kelamin janin. Caranya mudah. Ambil wajan dan taruh di atas kompor. Cincang kubis merah, masukkan ke wajan dan tambahkan air secukupnya sampai kubis tenggelam di wajan. Biarkan mendidih sampai 10 menit, lalu dinginkan hingga suhu ruang. Setelah cukup dingin, ambil air rebusan kubis dan taruh di wadah. Lalu, ambil urine anda, masukkan ke wadah seperti gelas plastik. Campurkan air rebusan kubis dan urine anda. Bila warna rebusan kubis berubah menjadi merah-pink, maka kemungkinan anda mengandung bayi laki-laki. Apabila warnanya menjadi lebih keunguan, kemungkinan anda mengandung bayi perempuan. Bagaimana bila hasil tes negatif atau tidak hamil? Tidak ada perubahan warna sama sekali.

Ketiga, anda bisa menggunakan anggur atau wine. Cara ini biasa dilakukan oleh wanita-wanita pada masa abad pertengahan. Mereka mencampurkan urine mereka ke dalam segelas anggur. Apabila urine bercampur sempurna dengan anggur, maka anda positif hamil, namun bila urine tidak larut sempurna di dalam gelas anggur, maka anda tidak hamil.

Cara-cara tersebut di atas hanya bisa digunakan untuk mengetahui apakah anda positif hamil atau tidak, bukan untuk tes usia kehamilan anda. Untuk mengetahui usia kehamilan hanya bisa dengan USG atau menghitung hari dari hari pertama menstruasi terakhir anda.