Beranda ragam Tips Meletakkan Genset Agar Memiliki Umur yang Panjang

Tips Meletakkan Genset Agar Memiliki Umur yang Panjang

0
tips genset awet
tips genset awet

Apa yang Anda lakukan ketika membutuhkan listrik dalam situasi yang kurang memungkinkan seperti mati listrik atau berada di daerah yang jangkauan listriknya minim? Anda tentu akan berusaha mencari alternatif energi listrik lain agar bisa tetap mendapatkan aliran listrik untuk menjalani aktivitas Anda. Ada berbagai sumber energi listrik alternatif yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Genset.

Genset jadi sumber listrik alternatif terbaik jika Anda tidak bisa mendapatkan aliran listrik konvensional karena penggunaannya yang mudah. Selain mudah, genset juga bisa mengalirkan daya listrik dalam jumlah yang cukup besar sehingga akan membantu Anda jika butuh listrik dalam kondisi yang darurat. Karena peran besar yang dimiliki genset, maka Anda harus tahu betul bagaimana maintenance genset yang baik dan benar sehingga genset tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk merawat genset, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah tempat untuk meletakkan genset tersebut.

Letakkan di tempat yang kering

Genset yang Anda miliki sebaiknya diletakkan pada tempat yang kering. Tujuannya, agar mesin genset dapat terjaga dari karat yang ditimbulkan oleh air yang terkena di mesin. Selain itu, tempat yang kering juga dapat memudahkan genset saat menyalakannya sehingga Anda tidak akan kesulitasn saat membutuhkannya sewaktu-waktu.

Jangan nyalakan genset di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara

Selain meletakkannya di tempat kering, merawat genset juga dapat dilakukan dengan tidak menyalakan genset tersebut di ruangan tertutup. Ruangan yang tertutup akan membuat panas yang dikeluarkan genset terjaga dan tidak bisa keluar karena tidak adanya sirkulasi. Selain itu, menyalakan genset di ruang tertutup juga dapat merusak kesehatan Anda karena karbonmonoksida yang terhirup.

Jauhkan dari air

Selain menempatkan genset di tempat yang kering, Anda juga harus memastikan genset diletakkan jauh dari air. Saat genset terkena genangan air, maka mesin genset tersebut akan mudah berkarat. Sehingga, umur genset akan semakin pendek dan Anda akan kehilangan salah satu alternatif sumber listrik ketika listrik padam.

Merawat genset memang tidak selamanya mudah. Namun, Anda bisa meminjam genset agar tidak perlu merawatnya secara rutin. Karena ada tempat penyewaan alternatif listrik, Sewatama, yang bisa menjadi pilihan saat membutuhkan listrik untuk kebutuhan industri ataupun proyek tertentu. Sehingga penggunaan genset untuk mengalirkan listrik pun menjadi lebih efisien.