Beranda Fun Tips Inilah Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini Bagi Tumbuh Kembang Sang Buah Hati

Inilah Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini Bagi Tumbuh Kembang Sang Buah Hati

0
inisiasi menyusui dini

Menjadi seorang ibu adalah dambaan dari semua wanita, hidup terasa lebih lengkap ketika sang buah hati hadir dalam rumah tangga. Dari mulai mempersiapkan kehamilan, kelahiran hingga merawat si kecil itu adalah fase-fase yang sangat penting sebagai orang tua. Berkonsultasi kepada bidan atau dokter kandungan selama kehamilan dapat membantu ibu lebih memahami perannya nanti ketika si kecil terlahir kedunia. Jangan lewatkan jadwal pemeriksaan untuk memastikan kesehatan kandungan dan si jabang bayi di dalamnya.

Menjadi seorang ibu haruslah siap secara fisik dan mental. Tahap kehidupan yang harus dilewati oleh wanita ini memang sangat penting dan memberikan efek yang sangat besar. Jangan gugup dan cemas dalam menghadapi persalinan, singkirkan pikiran negatif dan berusahalah sebaiknya agar tetap berpikiran positif. Disaat seperti inilah orang-orang terdekat harus hadir untuk mendukung penuh dan memberikan support agar calon ibu menjadi percaya diri. Yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui oleh para calon bunda adalah mengenal Inisiasi menyusui dini yang dianjurkan untuk dilakukan sesaat setelah melahirkan.

Inisiasi menyusui dini sendiri merupakan proses memberikan kesempatan bayi yang baru saja lahir untuk secara alami menyusu sendiri kepada ibunya. Inisiasi Menyusui Dini prosesnya sangat sederhana, urutannya seperti ini. Setelah sang buah hati dibersihkan sesaat setelah dilahirkan tempelkan ia pada sang bunda tanpa dialasi oleh kain apapun. Biarkan kontak kulit antara bunda dan sang buah hati dan beri jarak dengan puting susu, biarkan sikecil mencari sendiri dan mendekati puting untuk menyusu. Proses ini akan berlangsung selama bayi masih mengisap puting ibu dan selesai ketika si kecil melepaskan hisapan dari puting ibu.

inisiasi menyusui dini 2

Badan kesehatan dunia (WHO) pun sangat menganjurkan Inisiasi menyusui dini tersebut karena dampaknya yang sangat positif bagi tumbuh kembang sang buah hati. Dengan Inisiasi Menyusui Dini bayi akan mendapatkan Kolostrum yang sangat penting karena kaya dengan protein dan immunoglobulin sebagai antibodi yang mampu meningkatkan fungsi imun bayi baru lahir. Kontak kulit antara ibu dan bayi sesaat setelah proses kelahiran juga dipercaya dapat memperkuat hubungan kasih sayang antara keduanya. Selain itu, proses ini juga akan membuat sang ibu lebih nyaman dan lega setelah proses melahirkan yang melelahkan.

Memberikan ASI sebagai sumber nutrisi utama si buah hati harus dilakukan minimal sampai enam bulan pertama ia lahir kedunia. Selama masa itu jangan berikan tambahan asupan pendamping lain, sebab ada banyak manfaat ASI eksklusif yang sangat baik bagi tumbuh kembang si kecil. Air susu Ibu yang dihasilkan secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi paling lengkap yang tidak bisa diberikan oleh susu formula sekalipun. Komposisi Vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak sudah sangat pas, terlebih ASI lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan susu formula.

Melihat buah hati tumbuh dengan baik merupakan anugerah terbesar bagi setiap orang tua. Sakit dan melelahkannya persalinan seolah tidak berarti ketika si kecil tumbuh sehat dan ceria. Jangan lupakan peran ASI untuk memastikan si kecil mendapatkan nutrisi terbaik bagi tubuhnya. Semangat ya bun,…