Beranda Fun Tips Tagihan Membengkak? Lakukan 6 Tips Ini untuk Menghemat Listrik

Tagihan Membengkak? Lakukan 6 Tips Ini untuk Menghemat Listrik

0
cara menghemat listrik

Tagihan listrik memang menjadi momok bagi kehidupan rumah tangga. Semakin bertambahnya kebutuhan sehingga kamu harus bisa menemukan cara menghemat listrik yang tepat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar akhir bulan tagihan tidak membludak. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan.

1.Menyalakan Peralatan Listrik Seperlunya Saja
Jika kamu tidak butuh alat tersebut, sebaiknya tidak perlu menyalakannya. Misalnya saja, saat kamu tidur televisi masih menyala hingga pagi. Hal inilah yang membuat tagihan semakin gemuk. Bukan karena salah cara menginstal listrik, tapi salah pemakaian. Apabila kamu akan melakukan aktivitas lain, matikan semua alat tersebut.

2.Cabut Kabel yang Tidak Dibutuhkan dari Saklar
Hal ini sepele tapi penting. Setelah mengisi baterai ponsel, laptop, atau power bank, kamu lupa mencabut kabel charger dari saklar. Hal ini juga masih mengalirkan arus listrik. Sehingga kamu harus membiasakan mencabut kabel setelah pemakaian.

3.Beralih ke Lampu LED
Semakin bertambah zaman, maka teknologi semakin canggih. Kini sudah ada lampu LED yang tergolong lebih hemat. Namun memang harganya lebih mahal. Selain bisa menghemat watt listrik, lampu ini tahan lama sehingga tidak harus beli terus menerus.

4.Matikan Lampu pada Waktu Tertentu
Lampu memang dibutuhkan untuk penerangan. Namun apakah pada siang hari kita butuh lampu? Jika rumah kamu terdapat cahaya yang masuk, sebaiknya matikan lampu pada siang hari. Sebaiknya menyalakan lampu hanya saat malam hari.

5.Hemat Penggunaan Setrika
Cara menghemat listrik selanjutnya yaitu dari setrika. Sebaiknya kamu tidak setrika baju setiap hari. Meskipun alat setrika terlihat kecil, tapi daya yang dimiliki bahkan lebih besar dari televisi. Sehingga perlu untuk menggunakan setrika yang terdapat alat pengatur suhu. Saat suhu tinggi maka setrika ini akan mati dengan sendirinya.

6.Memasang Alat Penghemat Listrik
Pilihan terakhir yaitu kamu bisa memasang alat penghemat listrik. Kamu bisa mencari info di internet tentang cara menginstal listrik terlebih dulu. Alat ini juga sudah banyak dijual secara online maupun di toko elektronik.

Dengan cara-cara ini kamu bisa mengurangi pembayaran listrik setiap bulan. Sebagian orang cukup puas dengan cara ini sehingga jumlah yang dibayar tidak membengkak. Selain itu, keuntungan yang diperoleh kamu bisa menabung untuk kebutuhan lain.