nokia x71
nokia x71, techdroid

Bicara tentang Nokia, brand smartphone satu ini terus berusaha untuk tetap eksis di industri yang ketat ini. Sebagai pabrikan, HMD Global akhirnya memperkenalkan X71 sebagai smartphone jagoan Nokia yang memiliki desain unik yakni hole punch dengan resolusi kamera 48 megapixel. Bertempat di Taiwan, Nokia X71  menggunakan prosesor Snapdragon 660 dengan OS Android 9 Pie. Sementara untuk sisi kapasitas RAM dan storagenya adalah 6 GB dan 128 GB, dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Menariknya tiga kamera belakang dengan sertifikasi Zeiss seolah ingin bernostalgia dengan jenis kamera yang sering digunakan pada type Nokia terdahulu.

Pada sisi layar, Nokia X71 memiliki dimensi yang lega yakni 6,39 inch dengan rasio 19,3:9 dan resolusi FHD+. Sementara kamera depannya beresolusi 16 megapixel yang ditempatkan pada sebuah titik lubang pada layar sebelah kiri. Untuk kamera belakang, ada kamera 48 megapixel yang semakin familiar ditemukan pada ponsel kelas menengah.

Bocoran harga untuk Nokia X71 pada versi termurahnya dijual dengan harga setara USD 385 atau sekitar Rp 5,4 juta dan akan mulai dipasarkan pada 30 April mendatang. tetapi nampaknya, selain Taiwan Nokia X71 ini akan dirilis di negara lain dengan nama berbeda, yaitu Nokia 8.1 Plus.