unbox a3s

HP Oppo A3s rupanya masih banyak peminatnya. Meski dirilis bulan Juli 2018 lalu, namun smartphone ini masih laku keras di pasaran. Selain spesifikasinya mumpuni dan tidak kalah bagus dengan merk smartphone keluaran baru, juga karena harganya terbilang murah.

Dicek di laman beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia Lazada dan Blibli, harga HP Oppo A3s dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB pada bulan April 2019 ini masih di kisaran harga Rp. 1.400.000 sampai Rp 1.900.000 atau tergantung dari garansi.

Sementara HP Oppo  A3s versi RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB dijual dengan harga antara Rp 2.100.000 sampai Rp 2.699.000 atau tergantung dari garansinya.

HP Oppo sejak tahun 2016 lalu memang selalu masuk dalam daftar 5 besar penjualan smartphone terbanyak di dunia setelah Samsung, Apple, Xiaomi serta Huawei. Dengan begitu, jangan heran apabila di pasar smartphone Indonesia Oppo selalu menjadi pilihan pengguna ponsel cerdas.

Apabila dilihat dari spesifikasinya, smartphone ini memiliki keunggulan dari segi kameranya. Pada bagian belakang atau utama smartphone ini dibekali dual kamera, masing-masing 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4), depth sensor.

Smartphone andalan Oppo ini pun menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, dengan prosesor atau CPU octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1.8 GHz, dan grafis/GPU Adreno 506.

Sementara RAM-nya memiliki kapasitas 2 GB dan 3 GB, yang dipadukan dengan penyimpanan internal 16 GB serta 32 GB. Apabila memori internal dirasa kurang besar, masih bisa diperbesar sampai 256 GB dengan menambah slot eksternal atau microSD.

Oppo-A3s

Dengan kombinasi hardware tersebut, membuat smartphone ini bisa dikatakan nyaman saat dipakai meski multitasking. Selain itu, bermain game pun akan berjalan lancar dan tidak mengalami masalah. Sementara smartphone ini bentang layarnya berukuran lebar, yaitu 6,2 inci HD+ serta beresolusi 720 x 1520 piksel. Dan untuk aspek rasionya smartphone ini mencapai 19:9. Mirip seperti smartphone keluaran baru lainnya, Oppo A3s pun memiliki notch atau poni di atas bagian tengah yang disimpan pada kamera depannya.

Untuk spesifikasi lainnya, kapasitas baterai sangat besar atau mencapai 4.230 mAh tipe Non-removable Li-Ion. Juga sudah berbasis Android 8.1 Oreo dengan custom UI Color OS 5.1. Wi-Fi 802.11 b/g/n dengan ukuran dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm dan memiliki berat hanya 168 gram.

Sementara fitur andalan lainnya, dilengkapi pula dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Untuk varian warna, smartphone menyediakan warna merah dan Dark Purple.

Kelebihan Oppo A3s

Sementara itu, kelebihan dari HP Oppo A3s salah satunya terdapat pada layar yang cukup besar. Dengan layar besar, tentu akan menambah kenyamanan bagi penggunannya, terutama saat berselancar di dunia maya, mengetik pesan di aplikasi WhatsApp atau LINE serta nyaman sat menggunakan video streaming.

Selain mengusung layar berukuran 6,2 inci berjenis IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1.520 piksel), smartphone ini pun memiliki kualitas warna dan kejernihan layar yang cukup bagus. Maka jangan heran apabila penggunanya terus ketagihan memainkan berbagai aplikasi di smartphone ini.

Oppo A3s juga memiliki notch atau poni di bagian atasnya, yang menyimpan sejumlah komponen penting seperti kamera, earpiece dan beberapa sensor. Dengan adanya Notch pada smartphone ini membuat rasio layar terhadap bodysmartphone terlihat besar, tepatnya 19 : 9.

Meski memiliki layar cukup besar, namun ukuran HP Oppo A3s terbilang sedang dan nyaman ketika digenggam menggunakan satu tangan. Karena smartphone ini memiliki ukuran tubuh yang ramping, sehingga mudah disimpan dalam saku celana.