kartu perdana

Pernahkah kamu membayangkan sebuah Kartu Perdana memiliki ukuran sebesar kartu kredit ?. Tentunya sulit untuk kita percaya ya, karena saat ini kita mengenal bentuk kartu perdana begitu kecil dan simpel. Tapi sejarah mencatat bahwa pada awal kemunculannya bentuk kartu perdana memang demikian adanya.

Sejarah Kartu Perdana

Kartu perdana dimulai oleh penemuan dua orang bernama Hermann Giesecke dan Alphonse Devrient pada tahun 1991. Penemuan mereka menandai era 2G GSM yang kemudian menjadi standar telekomunikasi nirkabel di seluruh dunia. SIM sendiri merupakan kependekan dari Subciber Identity Mocule atau bisa diartikan sebagai identitas pelanggan. Dan karena pada bentuk awalnya seperti kartu maka kemudian ditambahkan kata Card, Maka hingga sekarang disebut sebagai SIM Card. Ukuran kartu perdana waktu itu besar seperti kartu kredit dengan dimensi panjang 85,60 mm, lebar 53,98 mm, dan dengan ketebalan 0,76 mm.

kartu perdana awal

Sirkuit tertanam ke dalam kartu plastik, dan dapat ditransfer antara perangkat seluler yang berbeda. Kartu SIM dilengkapi dengan kapasitas menyimpan data yang berbeda-beda, mulai dari 32 KB hingga setidaknya 128 KB. Sebagian besar kartu perdana akan menyimpan sejumlah pesan SMS dan kontak buku telepon. Jumlah kontak dan pesan yang disimpan tergantung pada kartu perdana masing-masing. Model awal akan menyimpan sedikitnya lima pesan dan 20 kontak sementara kartu SIM modern biasanya dapat menyimpan lebih dari 250 kontak.

Inovasi Kartu Perdana.

Dengan dimensi yang besar, maka inovasi terus mencari cara agar kartu perdana dapat semakin ringkas dan simpel. Maka pada tahun 1996 mulailah diperkenalkan Mini SIM yang memiliki  ukuran panjang 25 milimeter, lebar 15 milimeter dan dengan ketebalan 0,76 milimeter. Hingga saat ini beberapa ponsel masih mengadopsi kartu perdana dengan model seperti ini.

kartu perdana

Tahap selanjutnya adalah Micro SIM yang diperkenalkan pada tahun 2003, saat itu kartu perdana ini hadir dengan ukurannya yang semakin kecil lagi yakni 15×12 milimiter. Lalu pada tahun 2012 kita mengenal Nano SIM yang hadir semakin kecil yakni 12×9 milimiter yang kemudian menjadi standar kartu perdana yang digunakan oleh smartphone modern hingga saat ini.

Kini Hadir eSIM

esim

eSIM adalah singkatan dari embedded SIM, yang berarti SIM nya sudah tertanam sejak dari pembelian dan tidak bisa digonta-ganti seperti layaknya SIM biasa. Untuk saat ini kemampuannya sendiri masih sangat terbatas dan hanya dapat digunakan untuk menangkap data seluler dan tidak bisa menelepon ke nomor GSM lainnya. Trend eSIM sudah dimulai penggunaannya pada Aple Watch, Iphone terbaru dan Google Pixel. Negara yang mendukung penggunaan eSIM saat ini masih terbatas di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Menjadi sangat menarik untuk menantikan beragam inovasi kartu perdana di masa depan. Evolusi bentuknya yang dimulai sebesar kartu kredit, kemudian semakin kecil dan ringkas. bahkan bukan tidak mungkin di masa depan penggunaan eSIM akan semakin meluas dan fiturnya semakin lengkap.