Jam dinding adalah salah satu perabot rumah tangga yang tidak setiap tahun kita beli, karena harapannya tentu bisa dipakai sampai lama dan termasuk barang awet. Namun karena terkadang kita tergiur harga yang murah, kemudian membeli jam dinding dengan build quality yang jelek sehingga tidak bisa bertahan lama.

Merk Jam dinding Paling Awet

Di pasaran, beberapa merk jam dinding yang sudah dikenal memiliki reputasi bagus adalah seiko, quartz . Dua merk ini sudah familiar sekali dengan rumah tangga di Indonesia. Namun sayangnya karena saking umumnya, kemudian banyak produsen meniru dan mencantumkan merk ini dalam jam dinding produk mereka. Tetapi ada juga jam dinding dengan bentuk yang menarik tetapi untuk urusan mesinnya mereka menggunakan mesin quartz dan seiko.

Namun lagi – lagi kita bisa membedakannya dengan cukup mudah, kita bisa mengetuk ngetuk materialnya. Apakah terasa ringkih atau solid, dan teliti juga bagian mesinnya apakah buatan merk bagus atau tidak. Ada yang bilang, sebisa mungkin memilih mesin yang tidak menyentuh pada tembok langsung. Entah ini semacam mitos atau memang terbukti, tetapi mesin yang agak cekung ke dalam akan lebih awet.

Bentuk Jam Dinding Semakin Menarik

Tetapi seiring perkembangan jaman, kemudian bentuk jam dinding mengalami perubahan. Tidak hanya berbentuk kotak atau lingkaran, bahkan kini kita bisa melihat berbagai macam bentuk yang menarik dan unik. Hal ini memang tidak terlepas dari fakta bahwa Jam dinding kini lebih berfungsi sebagai perangkat yang bisa mendukung desain interior suatu ruangan daripada perangkat penunjuk waktu.

Kini kita bisa melihat jam dinding yang modis, dengan warna aktraktif dan bentuk yang tidak kaku. Jam dinding type ini cocok diletakan di ruangan atau kamar anak muda yang energik dan penuh semangat. Lalu ada lagi jam dinding yang bentuknya futuristis, dengan bentuk abstrak yang sepertinya cocok dipajang di ruang kerja sehingga menambah kesan hitech.

Jika tiba – tiba mesin jam mati, jangan panik dahulu tetapi bisa saja itu disebabkan oleh baterainya yang kehabisan daya. Ganti dengan yang baru maka akan normal lagi, jika macet kita bisa mereplace mesinnya saja dan kemudian menggantinya. Atau jika ingin lebih praktis kita bisa memilih jam dinding digital.