stadia

Layanan internet cepat 5G dikatakan akan mengubah banyak hal menjadi semakin digital, dan bahkan cara kita bermain game pun dikatakan akan mengalami revolusi yang sangat berbeda. Selama ini kita bermain game di PC dengan cara mendowload lalu kemudian menginstallnya untuk bisa dimainkan. Namun, dengan kecepatan internet yang mumpuni kita bisa memainkan game tanpa download.

Dan hal ini akan semakin menjadi kenyataan dengan kehadiran platform “Google Stadia” yang menawarkan “cloud gaming” dengan resolusi sampai 4K. Untuk bisa memainkanya kita memerlukan koneksi internet 10mbps, dan taukah kamu data yang dihabiskan untuk bermain perjamnya adalah 15.7GB pada resolusi 4K, 9Gb di resolusi 1080p dan 4.5GB di resolusi 720p.

Dengan melihat konsumsi data yang demikian besarnya, bisa dipastikan layanan cloud gaming ini tidak akan bisa kita nikmati dalam waktu dekat ini. Infrastruktur internet 5G belum siap bahkan di negara Eropa dan Amerika itu sendiri, apalgi di negara ketiga seperti negara kita ini. Disamping itu, harga internet juga masih belum terjangkau jika dalam jumlah besar sedemikian itu.

Tetapi satu hal yang pasti, kecepatan internet 5G akan sangat mengubah cara kita berinternet selama ini. So, patut ditunggu perkembangan tekhnologi ini akan membawa kita pada kehidupan seperti apalagi dimasa depan.