Terletak di Pantai Utara Jawa, Cirebon adalah kota yang sangat menarik untuk di kunjungi dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari kulineranya yang sangat lezat, melihat jejak sejarahnya yang masih terawat dengan baik, hingga wisata religi dengan berziarah ke petilasan Sunan Gunung Jati membuat liburan di Cirebon terasa sangat lengkap. Jangan khawatir dengan budget karena tiket masuk ke beberapa destinasi dan harga makanan di Cirebon masih sangat terjangkau sehingga liburan kesini tidak akan menguras dompet dalam-dalam.

Yuka kita kenali destinasi wisata Cirebon.

Keraton cirebon kasepuhan

Ini adalah tujuan wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Mengenalkan sejarah kepada anak-anak dengan mengunjungi keraton kasepuhan merupakan hal yang positif untuk menambah wawasannya. Karena disini bukan hanya terdapat komplek keraton, tetapi juga terdapat Museum yang menyimpan berbagai koleksi pusaka yang dimiliki oleh Kesultanan Cirebon.

Keraton Kasepuhan hingga saat ini masih menjadi tempat tinggal beberapa keluarga kerajaan, namun dapat berkesempatan mengunjunginya karena sudah dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata di Cirebon. Bangunannya bersih dan terawat, arsitekturnya cocok sebagai spot foto yang menarik. Bagian yang paling indah adalah di gapura batubata saat pertama masuk, gerbang dan pintu keraton, patung singa, dan kereta raksasa yang berada di ujung kompleks dapur keraton.

Lokasi Keraton Cirebon Kasepuhan berada di tengah kota dan mudah untuk dijangkau dari arah manapun. Tiket masuknya hanya 15ribu rupiah sehingga sangat ekonomis. Disarankan untuk menyewa guide, agar tidak bingung menjelajahi dan lebih maksimal dalam memperoleh informasi.

Wisata Religi Sunan gunung Jati

Sunan Gunung Jati adalah salah satu wali kharismatik yang dikenal oleh khalayak muslim Indonesia. Mengunjungi petilasan beliau bisa kita lakukan ketika mengunjungi kota Cirebon. Akses menuju tempat ini tidaklah sulit, relatif mudah dicapai bahkan dnegan angkutan umum sekalipun.

Ini adalah sebuah kompleks pemakaman, disini selain makam Sunan Gunung Jati, juga terdapat makam dari para sahabat dan kerabat sang wali. Di sepanjang sisi jalanan banyak terdapat para pedagang yang menawarkan beragam macam barang khas yang bisa kita beli sebagai oleh – oleh seperti tasbih, kaos, baju, alat salat, minyak wangi, dan lainnya.

Kuliner Cirebon

empal gentong

Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi wisata, sekarang saatnya untuk menikmati kuliner khas Cirebon. Ada nasi jamblang, empal gentong, tahu gejrot, mi koclok dan banyak lainnya. Kisaran harga dari kulienr tersebut bervariasi mulai dari 8 ribuan hingga 35 ribuan per porsi. Tergantung tempat yang dipilih untuk menyantapnya. Setelah bersntap kita bisa mengunjungi “sentra batik trusmi’ untuk berburu oleh-oleh.

Selain dua tujuan wisata diatas Cirebon memiliki Ade irma Waterland, Goa Sunyaragi, Keraton kanoman dan masih banyak lagi. Yuk kunjungi Cirebon sekarang juga.