Pasang Indihome juga pada akhirnya setelah sebelumnya mencoba beberapa provider untuk internetan. Setidaknya saya sudah menggunakan paket internet 3 yang kemudian sinyalnya hilang karena BTS towernya konon di non aktifkan. Lalu beralih ke Indosat, harganya murah namun sayang lagi-lagi sinyalnya kurang baik di daerah saya ini. Kemudian mencoba paket Internet Xl Combo yang harganya 230 ribu dapat 35GB+35GB youtube, speednya cepat tapi sayangnya belum sebulan sudah habis duluan karena keasyikan download.

Proses Pemasangan Internet Indihome

Setelah menimbang-nimbang, saya memutuskan untuk mencoba layanan internet Telkom Fiber Indihome. Dengan harga yang beda sedikit dengan provider seluler, kita bisa menikmati akses internet stabil dan unlimited begitu pikir saya. Tadinya saya hanya ingin memasang Indihome Internet only, Ketika menanyakan hal ini ke Telkomcare di Twitter, paket 1P internet only sebenarnya bisa kita ajukan langsung melalui kantor Telkom. Tapi ternyata sales di kota saya tidak bisa menyanggupinya dan merekomendasikan untuk mengambil paket New Netizen 2 Internet+TV.

indihome 1p
indihome 1p

Sempat kebingungan dengan daftar internet indihome, akhirnya saya dibantu teman mendapatkan nomor whatsap sales indihome. Tidak selang berapa lama setelah menghubungi sales telkom tersebut, mungkin hanya 1 hari kemudian ada petugas telkom yang datang untuk melakukan survei ke rumah. Ia mengecek jalur, tiang serta jarak kabel yang dibutuhkan. Nah disini juga saya baru mengetahui, kalau kabel internet indihome itu tidak di cantolkan ke tiang telepon sembarangan, tetapi di sambungkannya di BOX yang biasanya ada di tiang tertentu. Setelah mengetahui detail lokasi, pegawai telkom tersebut meminta data seperti KTP, email, nomor telepon untuk melengkapi proses aplikasi.

Oh ya, kita juga diminta foto bersama KTP, Rumah juga biasanya di foto. Nanti kita juga akan menerima telepon dari Telkom yang ebrisi konfirmasi detail pemasangan Indihome, mulai dari paket, harga, serta menyebutkan jangan mau diminta bayaran oleh petugas secara langsung, tetapi semua biaya pemasangan nanti kita bayar bersamaan dengan tagihan bulan pertama.

Selang 2 hari, petugas Telkom kembali datang dan kali ini bersama 2 orang temannya lagi yang ternyata merupakan tekhnisi yang bertugas memasang instalasi indihomenya nanti. Proses dimulai dengan pemasangan kabel dari tiang, kemudian ditarik hingga sampai ke rumah. Seting STB untuk TV dan perangkat Wifinya. Keseluruhan proses berjalan mulai dari jam 10 pagi hingga sekitar jam 2 siang. Yang cukup lama adalah menunggu aktivasi perangat dari kantornya, yang mungkin ada 1 jam lebih.

 

Bagaimana Kecepatan Internet Indihome ?

Setelah dipastikan semuanya terpasang dengan baik, petugas telkomnya tersebut undur diri. Maka inilah waktunya untuk mencoba pengalaman berinternet menggunakan Indihome fiber. Paket New Netizen 2 dengan harga perbulannya adalah Rp 320.000 (belum termasuk PPN 10%). terdiri dari internet 10 Mbps dan TV berisi sekitar 92 channel.

Ketika dicek dengan speedtest, maka kecepatan yang tampil adalah pingnya 19, unduh 9.71 Mbps, dan unggahnya 1.87 Mbps. Lalu sayapun mencobanya untuk download, file pertama yang berasal dari google drive bisa mencatatkan kecepatan 1.5 Mbps sehingga file sebesar hampir 1 Gb bisa selesai dalam hitungan 10 menit. Sementara file dari uptobox yang notabene tidak bisa di resume berada pada kisaran 300 Mbps sehingga untuk file sekitar 1 Gb bisa selsai dalam 1 jam.

Namun sayangnya ketika dicoba untuk mengunggah video ke Youtube, kecepatanya tidak terlalu memuaskan. File sebesar 700Mbps baru bisa sempurna diunggah setelah hampir 2 jam.

STB Indihome
youtube di TV

Dan untuk channel pada TV paket Netizen 2 yang menyediakan 92 channel menurut saya tidak istimewa, Tidak ada channel MNC Grup seperti RCTI, MNCTV, dan GTV. Hanya ada channel lokal dan Natgeo channel. Jika ingin membuka channel lain kita harus membeli paket tambahan yang harganya mulai dari 25 ribu hingga 1149 ribuan. Tetapi, keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki STB Indihome ini, maka kita bisa menikmati TV on Demand dan menonton siaran yang telah tayang sebelumnya. Selain itu, TV yang kita miliki juga berubah menjadi seperti smart tv. Kita bisa menonton Youtube di Tv, browsing internet, menonton film dari usb dan menambah beberapa apss yang berguna.

Bagaimana dengan tagihan bulanan Indihome ?.

Pemasangan ini belum genap sebulan, jadi akan saya update nanti setelah melakukan pembayaran pertama. Ketika bertanya di twitter ke admin telkom care, katanya untuk tagihan pertama kita tidak dikenakan biaya full. Tetapi hanya membayar dari tanggal awal pemasangan saja.

Namun tagihan akan keluar saat bulan September yang ditagihkan secara prorata (tagihan tidak full) dan dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp. 150,000. Jadi tagihannya nanti akan seperti berikut ini: Tagihan prorata biaya pemasangan PPN 10% Biaya meterai 3000.

Rencananya nanti saya ingin dowgrade saja dari layanan Internet+Tv ke Internet saja atau 1P. Yang kata Telkomcarenya bisa melakukan pengajuan downgrade via mereka di twitter saat tagihan pertama sudah keluar. Nah post ini akan saya update kemudian ya setelah melakukan pembayaran tagihan pertama. See u.