April 2019 silam, Samsung menghadirkan seri baru dalam jajaran Galaxy A yang cukup menyita perhatian. Pasalnya, Galaxy A80 dilengkapi dengan banyak fitur terkini sehingga dibanderol tinggi, bahkan paling tinggi di antara seri Galaxy A.

Selain premium dari segi harga dan desain, apa saja kelebihan Samsung Galaxy A80? Simak ulasan berikut ini.

Mengulas Kelebihan A80, Seri Galaxy A Termahal Sejauh Ini

Desain dan layar
Dimulai dari tampilannya, Galaxy A80 memiliki desain yang terbilang mewah dan kokoh yang terbuat dari metal berlapiskan Gorilla Glass 6. Bobot A80 memang tergolong berat karena mencapai 232 gram, namun istmewanya ponsel ini masih terkesan ringan dan nyaman digenggam. Desain A80 semakin mendekati seri Galaxy S10 dengan lapisan logam sebagai bingkainya.

Lebar dan tajam, dua kata yang menggambarkan layar A80. Dengan ukuran mencapai 6.7 inci menjadikan layar A80 sebagai layar paling lebar tanpa notch dari Samsung. Resolusinya pun tidak main-main, full HD+, sehingga layar Super AMOLED ini memberikan tampilan grafik dan warna yang tajam. Layar Cinematic Infinity Display ini akan memanjakan mata.

Kamera
Tidak mau kalah dengan produsen lain yang mengusung teknologi pop-up camera, Samsung pun melakukan inovasi dengan menghadirkan teknologi rotating triple camera. Kamera putar milik A80 ini tidak membutuhkan dua bagian berbeda sebagai kamera depan dan belakang tetapi cukup satu di bagian belakang. Dengan kamera ini, merekam video dapat dilakukan menggunakan efek bokeh.

Terdapat tiga susunan dalam kamera putarnya yaitu 48 MP lensa primer, 8 MP, lensa ultra wide angle, dan sensor 3F ToF. Teknik Quad-Pixel sensor yang disematkan berpengaruh besar pada hasil tangkapan yang tajam, solid, dan natural. Selain itu, saat mengaktifkan kamera depan, kamera belakang akan berputar otomatis menghadap ke depan, sangat canggih.

Dapur pacu dan Performa
Tidak hanya inovasi canggih kamera putarnya, dalam urusan performa A80 dibekali dengan System on Chip (SoC) Qualcomm yang paling baru, Snapdragon 730G octa core. Dengan ini, kinerja A80 semakin mulus dan meningkatkan kecepatan saat membuka aplikasi. Selain itu, sistem ini juga mendukung untuk bermain game berkat sistem graphics rendering yang lebih bertenaga.

Sistem operasi Galaxy A80 sudah menggunakan OS 9.0 Pie yang ditunjang oleh sistem antarmuka One UI. Antarmuka ini memiliki berbagai fitur yang menarik seperti Always on Display, Quick Measure, dan Bixby. Urusan penyimpanannya, A80 menyematkan RAM 8 GB dan memori internal sebanyak 128 GB, tanpa slot untuk memori eksternal.

Tampilan kamera putar yang dimiliki Galaxy A80

Baterai
Kapasitas baterai Galaxy A80 sebanyak 3.700 mAh yang cukup untuk menjaga ponsel ini hidup dalam waktu yang lama. Walaupun kapasitasnya masih kurang untuk ukuran ponsel premium ini, namun jangan khawatir karena baterainya tidak akan menguras daya secepat yang dibayangkan. Hal itu disebabkan oleh pembenaman chipset 8nm yang meningkatkan efisiensi Galaxy A80.

Keunggulan lain adalah teknologi super fast charging yang berdaya 25W sehingga cocok untuk mengimbangi mobilitas tinggi Anda yang membutuhkan kecepatan dalam segala hal. Dalam keadaan baterai di bawah 10%, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya hingga penuh adalah 105 menit saja. Charger juga dilengkapi dengan kabel Type-C to Type-C.

Galaxy A80 memang sudah melewati perencanaan yang matang sebelum akhirnya diluncurkan. Terbukti dengan beberapa fitur yang bahkan belum dimiliki oleh seri Samsung yang kelasnya lebih premium.

Tidak mengherankan apabila perusahaan membanderol harga hp Samsung terbaru ini Galaxy A80 hingga mencapai Rp9 jutaan. Silakan pertimbangkan sendiri apakah lebih memilih A80 dengan fitur yang kekinian atau tetap setia pada seri lawas.