Ini Dia Perangkat Output Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

    0
    BERBAGI

    Dalam komputer terdapat alat input dan alat output. Alat input merupakan perangkat masukkan yang memberiakan perintah kepada alat output untuk memberikan sebuah data atau informasi kepada user. Beberapa macam alat input yang merupakan alat perangkat alat keras yaitu : Keyboard, merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk perintah memasukkan huruf, angka, dan karakter karakter lainnya pada sistem komputer. Pointing device seperti mouse, yang berfungsi penting untuk menggerakan pointer di layar monitor, terdapat pula jenis pointing device seperti touch screnen dan light pen. Scanner adalah satu alat input. Fitur scanner juga sudah banyak tersedia di beberapa tipe printer. Kamera digital pun juga termasuk kedalam alat input device.

    Sedangkakan alat output merupakan perangkat dan komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan data sebelumnya. Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi 4 ragam, diantaranya tulisan (angka, huruf), gambar dan suara. Ada pula jenis output yang disebut dengan machine-readable form, jenis lain yang hanya dapat dibaca oleh mesin, Kemudaian ada speaker bluetooth ataupun speaker wireless. Perangkat output dapat berupa hard-copy device, dimana alat yang digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan pada media kertas atau film, contoh nya yaitu printer, alat microfilm dan plotter. Ada pula dalam bentu soft copy device, alat alat dalam kategori ini misalnya saja, video display dan speaker. Dan terakhir driver, alat ini selain berfungsi menajadi alat output juga dapat digunakan sebagai alat input, contohnya disk drive.

    Berbagai macam alat output banyak yang berkembang dari sisi fungsi dan fiturnya. Misalnya saja, alat output speaker. Dengan adaanya fitur bluetooth pada speaker pengguna handphone yang juga memiliki fitur bluetooth akan dengan mudah menggunakan audio speaker bluetooth.  Alat output printer. Beberapa jenis printer sudah ada beragam fungsinya, dari printer yang hanya bisa mencetak tulisan,  sekarang telah ada printer yang memiliki fungsi seperti foto copy dan fungsi scanner sekaligus. Memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan.