menu mpasi 6 bulan
src: eggs.ca

MPASI atau makanan pendamping ASI saat ini sudah tersedia dengan beragam jenis di pasaran. Akan tetapi, ada kalanya ibu – ibu milenial ingin memberikan MPASI terbaik yang dibuat sendiri di rumah memanfaatkan bahan – bahan alami. Tidak hanya enak dan bergizi, MPASI yang dibikin sendiri di rumah tentu lebih terjamin kualitasnya dan lebih ekonomis. Bagi ibu yang sedang merancang menu MPASI bayi usia 6 bulan, berikut adalah beberapa ide yang bisa dicontek. Mari kita simak yuk..

Menu mpasi bayi 6 bulan : Sarapan pagi 07.00 – 08.00
Bangun di pagi hari, bayi biasanya masih minta menyusu kepada ibu. Selepas mandi atau sesuai keinginan bayi, ibu dapat memberikan menu MPASI sebagai sarapan pagi.

Agar tidak terlalu repot, menu MPASI yang disarankan antara lain puree buah – buahan. Misalnya seperti puree buah tomat, puree buah pepaya, atau puree buah pisang. Lazimnya, ibu – ibu lebih senang memberikan puree buah pisang segar yang manis dan membuat si kecil kenyang.

Cara membuatnya cukup mudah. Pastikan buah sudah matang, kemudian kupas kulit. Kerok daging dan tumbuk halus dengan sendok. Bila perlu, gunakan saringan kawat agar tekstur lebih halus dan encerkan dengan sedikit air matang.

contoh mpasi 6 bulan

Menu mpasi bayi 6 bulan: Makan siang 12.00 – 13.00
Pastikan untuk tetap memberikan ASI semau bayi. Selanjutnya, untuk menu makan siang MPASI bayi 6 bulan dapat dipakai jenis bahan yang lebih mengenyangkan perut si kecil. Misalnya saja, susu, tepung beras, nasi, gandum, oatmeal, havermut, dan sebagainya.

Untuk membuat bubur sebagai MPASI makan siang bayi, berikut langkahnya:

Bahan:

  • Tepung beras 1 – 2 sendok
  • Gula 1 sendok
  • Susu formula 5 sendok, diencerkan dengan air 200 cc

Cara membuat:
-Campurkan semua bahan hingga merata
-Masak dalam panci di atas api kecil. Aduk – aduk hingga mendidih dan matang.
Menu MPASI bayi 6 bulan: Makan malam 18.00

Sebagai menu makan malam, ibu masih bisa memberikan bubur berupa nasi tim dengan sayuran seperti bayam, sawi atau brokoli. Untuk membuatnya sangat simpel. Cukup blender semua bahan yaitu nasi 1 – 2 sendok, bayam/ sawi / brokoli rebus 1 sendok. Tambahkan sedikit air dan garam. Kemudian, masak selama 1 – 2 menit hingga mendidih dan matang.

Mudah dibuat, bukan? Yuk, silakan langsung dicoba di rumah menu MPASI-nya ya.