menghemat listrik

Listrik adalah salah satu pos pengeluaran bulanan yang harus rutin dibayar. Untuk rumah tangga jaman sekarang perangkat elektronik yang semakin beragam membuat pengeluaran listrik juga semakin banyak. Selain menekan anggaran bulanan, menghemat listrik juga merupakan wujud nyata kita berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global. Seperti yang kita ketahui, listrik di negara kita masih dihasilkan oleh pembangkit yang menggunakan batu bara dan tidak ramah lingkungan. Untuk itu, mulailah menghemat listrik dengan beberapa tips mudah berikut ini.

Inilah cara cerdas untuk menghemat listrik.

Sesuaikan penggunaan lampu
Cara termudah untuk menghemat listrik adalah mengelola penggunaan cahaya. Kita dapat mengatur kebutuhan pencahayaan ruangan dengan bijak. Misalnya, jangan biarkan lampu menyala di siang hari, cukup gunakan sinar matahari untuk menerangi rumah. Atur waktu menyalakan lampu saat membutuhkannya, jangan biarkan lampu menyala dengan sia-sia.

Dengan cermat menggunakan kulkas
Hindari menaruh makanan panas di lemari es. Temperatur yang panas menyebabkan mesin pendingin beroperasi lebih banyak, sistem kontrol suhu otomatis memaksimalkan chiller sehingga suhu panas dari makanan dikembalikan ke pengaturan suhu kulkas. Akibatnya, konsumsi listrik bisa meningkat.

Ganti Lampu Hemat Energi.
Gantilah lampu rumah dengan lampu hemat energi, walaupun harganya lebih mahal, tetapi biasanya lampu tersebut memiliki garansi.

Gunakan layar LCD / LED
Penting untuk memilih TV yang hemat energi. Karena televisi sering menyala untuk waktu yang lama. Jika acara kurang menarik, lebih baik matikan TV dan lakukan kegiatan lainnya.

Pompa air
Mesin air adalah jenis motor induksi, yang menggunakan sistem magnetik untuk memutar rotor. Untuk startup pertamakali itu akan membutuhkan arus listrik yang cukup besar untuk menggerakkan rotor. Untuk itu, daripada hidup-matikan berulang lebih baik mengisi air penuh sekalian.

Gunakan sistem pulsa listrik
Menggunakan sistem pulsa dapat membantu kita untuk lebih bijak dalam menggunakan listrik. Sistem ini akan secara otomatis memutuskan sambungan listrik berdasarkan pada nominal biaya token yang kita beli.

Hindari Alat Boros Listrik.
Hindari pemakaian alat boros listrik yang biasanya digunakan untuk pemanas. Baik itu pemanas air, setrika, kompor listrik, penanak nasi atau pengering rambut. Gunakanlah dengan bijak agar listrik yang kita pakai tidak berlebihan.

Nah itulah beberapa langkah menghemat listrik yang bisa kita lakukan. Mungkin terkesan sepele, tetapi bayangkan jika rumah tangga di Indonesia seluruhnya melakukan penghematan ini yang tentunya dampaknya akan sangat signifikan. So, Yuk kita mulai dari diri sendiri dan saat ini juga.