bbm tutup

BBM telah memutuskan untuk menutup layanan mereka pada penghujung bulan Mei nanti. Berita ini bagi kita rasanya tidak sepenuhnya mengejutkan, karena kita semua sadar betul kepopuleran BBM telah benar-benar habis. Mengaku saja kapan terakhir kali kamu login ke BBM ? seminggu, sebulan atau bahkan setahun yang lalu ?. Saya sendiri terakhir login mungkin sudah berbulan-bulan yang lalu.

Beberapa hal yang membuat saya enggan untuk menggunakan BBM adalah tampilannya yang semakin berat oleh iklan. Penempatan iklannya sudah taraf yang cukup mengganggu. Maka ketika whatsap semakin populer, sayapun dengan senang hati berpindah dan melupakan BBM sepenuhnya.

Di awal kehadirannya, BBM memang sangat fenomenal di Tanah air kita, dulu memiliki device blackberry bisa menjadi ciri strata sosial. Simbol kemapanan dan kegaulan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan keputusan menutup BBM dalam waktu dekat ini, beberapa hal kemudian terkenang. Apakah itu ?

PING!!.
Kamu pastinya mengenal fitur nan legendaris ini, PING yang bahkan dalam prilaku wahtsap masih saja ada orang memakai simbol P untuk menyapa. PING seringnya dipakai untuk mengerjai teman dengan cara di boom ping dan membuat ponselnya bergetar tak karuan.

DP (Display Picture)
Kamu pasti mengalami masa-masa berburu DP lucu dan romantis sekedar hanya untuk terlihat beda dengan teman-teman kamu.

DN (Display Name)
DN adalah nama profil dari pengguna yang akan muncul, lagi-lagi dengan alasan ingin beda, kita kemudian memadukan nama-nama aneh dan simbol-simbol agar terlihat keren.

PM (Personal Message)
PM terletak tepat di bawah foto profil kita. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari kutipan, nama pacar bahkan status jualan. Fungsinya kalau sekarang ini kurang lebih sama dengan status di berbagai aplikasi berbagi pesan.

bbm pin

PIN
Setiap bertemu orang baru, atau teman lama tidak lupa untuk menanyakan PIN BB nya berapa nih ?. Rasanya kadar kegaulan kamu meningkat begitu punya PIN BB. Dan jika kamu masih ingat, PIN yang dimulai dengan angka “2” merupakan pengguna BBM dari ponsel BB, sedangkan yang depannya “5” adalah pengguna BBM dari ponsel Android.

BC (Broadcast)
Betapa menyebalkannya ketika ada seseorang ngebom BC setiap waktu. mending jika isinya penting, tetapi kebanyakan hanya promo jualan atau ptomo teman. BC sendiri merupakan istilah untuk mengirim pesan yang sama ke lebih dari satu kontak.

Deliv/Read
Jauh sebelum istilah centang dua, tulisan “D” dan “R” telah lebih dulu populer. Betapa bikin deg-degannya ketika sedang PDKT pesan terkirim (delivered/deliv) yang ditandai dengan huruf “D” kemudian hanya sekadar dibaca (read) yang ditandai dengan hurud “R”.

TC (Test Contact)
Nah TC ini biasanya dilakukan ketika kita memastikan bahwa PIN yang baru ditambahkan adalah benar. Semacam pesan untuk pertama kali ke kontak baru.

delcont

Delcont (Delete Contact)
Puncak dari segala drama adalah istilah “delcont” alias delete contact. Ketika sebuah pertemanan atau pacaran diambang perpecahan, biasanya ini menjadi ekspresi kemarahan dengan menghapus kontak kawannya itu dari BBM miliknya.

Nah dari sekian banyak istilah BB yang ada diatas manakah yang paling berkesan untkmu ??, atau apakah ada yang masih terlewat. Share dong pengalamannya.