gusi bengkak

Gusi bengkak disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada plak yang kemudian menginfeksi jaringan gigi disekitarnya. Inilah yang menyebabkan infeksi pada gigi dan memicu pembengkakan pada gusi yang berwarna kemerahan, terasa sakit dan kadang berdarah. Selain bakteri, gusi bengkak juga dapat terjadi karena gingivitis, kehamilan pada ibu, kekurangan nutrisi, hingga infeksi. Gusi yang bengkak tentu sangat mengganggu aktivitas.

Gusi belakang bengkak lalu obat apakah yang bisa digunakan ?. Sebelum ke dokter, mungkin kita bisa menggunakan bahan – bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar kita. Berikut adalah diantaranya.

1. Garam
Garam menjadi bahan alami untuk mengobati gusi bengkak yang paling mudah didapatkan. Cara pengaplikasiannya cukup dengan mencampur satu sendok teh garam dan air hangat. Larutan ini kemudian digunakan untuk berkumur secara rutin minimal 3 kali sehari. menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat.

2. Minyak cengkeh


Selain digunakan sebagai rempah-rempah masakan, cengkeh juga dimanfaatkan minyaknya sebagai obat alami gusi bengkak. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area gusi yang bengkak minimal 2 kali sehari secara rutin, gusi akan kembali seperti semula.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis dapat juga digunakan sebagai obat alami gusi bengak. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis yang telah matang, kemudian tambahkan satu gelas air hangat. Larutan ini bisa digunakan untuk berkumur di malam hari sebelum tidur.

4. Madu
Madu memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat untuk mengatasi gusi bengkak. Cara penggunaannya pun sangat sederhana, dengan cukup mengoleskan pada daerah gusi yang mengalami pembengkakan.

5. Bawang merah
Dalam bawang merah terdapat zat yang dapat meredakan gusi bengkak. Caranya adalah dengan melembutkan bawang merah kemudian dioleskan pada gusi yang bengkak. Bisa juga dicampurkan dengan garam agar efeknya lebih cepat.

6. Lemon
Buah dengan rasa asam yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Berkumur menggunakan perasan lemon yang dicampur dengan air hangat bisa meredakan pembengkakan.

Obat Gusi belakang bengkak diatas relatif mudah untuk ditemukan, cobalah dan mungkin dapat meredakan nyeri yang diderita. Untuk pencegahan, rawatlah kesehatan gigi dengan melakukan kunjungan teratur ke dokter gigi dan jangan melewatkan sikat gigi.