perawatan rambut rontok

Penampilan sempurna seseorang tidak hanya dilihat dari wajahnya saja, tetapi banyak hal seperti kebersihan, kerapihan pakaian serta tatanan rambut. Percaya atau tidak, rambut adalah merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi penampilan kita secara keseluruhan. Rambut yang sehat, bersih dan ditata dengan rapi akan mampu memancarkan kharisma bagi sang pemiliknya. Tidak heran jika kemudian kita mendengar istilah jika rambut adalah mahkota dari kepala kita.

Namun demikian, rambut memiliki berbagai masalah yang umumnya terjadi jika tidak dirawat dengan baik. Seperti rontok, bercabang, lepek, dan kusut yang seringkali dikeluhkan oleh banyak orang. Faktor kurangnya perawatan bisa mempengaruhi keluhan ini, tetapi selain itu bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan stress yang melanda.

Perawatan rambut rontok bisa kita coba dengan menggunakan bahan – bahan alami yang telah dipercaya sejak dulu memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan rambut.

1. Kemiri

Buah khas indonesia ini bukan hanya berfungsi sebagai bahan bumbu, tetapi juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Kemiri memiliki kandungan mineral yang bermanfaat seperti kalium, fosfor, kalsium serta berbagai Vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B9 (folat). Yang diambil dari kemiri untuk perawatan rambut adalah minyaknya. Dikatakan minyak kemiri bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu membantu rambut untuk tumbuh lebih lebat.

manfaat-minyak-vco-untuk-rambut

2. Minyak Kelapa / VCO

Orang tua terdahulu memanfaatkan minyak kelapa sebagai minyak rambut dan memang terbukti memiliki khasiat yang bagus. Minyak kelapa mampu mencegah uban, rambut bercabang, ketombe, rambut rontok dan juga menutrisi agar rambut tumbuh lebih lebat dan hitam mengkilap.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk perawatan rambut rontok adalah dengan cara oleskan merata pada rambut lalu pijat kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit. Perlakuan ini akan membuat folikel rambut menjadi aktif. Setelah itu diamkan sebentar agar meresap dan rambut menerima nutrisi dari minyak kelapa tersebut. Setelah dirasa cukup, bersihkan dan bilas rambut dengan air bersih. Jangan biarkan minyak kelapa justru mengendap pada kulit kepala dan menyumbat folikel rambut.

Untuk hasil yang maksimal kita tentu tidak bisa mengharapkannya hanya dengan satu atau dua kali penggunaan. Tetapi lakukanlah secara rutin dan kemudian kita akan mulai merasakan rambut yang makin sehat dan bebas dari kerontokan.