ssd pc

Bagi Anda yang merupakan seorang teknisi komputer, maka sudah sepantasnya jika mengetahui harga SSD PC terbaru. Komponen tersebut sangat penting bagi perangkat, karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan utama terhadap data-data di dalamnya supaya tetap aman.

Beragam Harga SSD PC Berdasarkan Bentuk dan Ukurannya

Membeli SSD atau penyimpanan untuk perangkat PC memang tidak boleh sembarangan. Anda harus memahami dan mengecek terlebih dulu tentang kapasitas ruang kosong, harga, serta kualitas keawetannya, agar tidak menyesal nantinya setelah melakukan pembelian.

  1. Harga SSD mSATA

SSD jenis yang satu ini memiliki bentuk lumayan kecil daripada ukuran standarnya. Ia juga cocok jika digunakan pada perangkat portabel untuk semua jenis komputer (PC). Ukurannya kira-kira hanya sebesar kartu nama saja.

Harga dari SSD jenis mSATA ini berkisar antara Rp. 300.000,- hingga Rp. 750.000,- bergantung pada kapsitas besar kecilnya daya tampung memorinya. Pastikan Anda membelinya sesuai kebutuhan saja agar ruang di dalamnya tidak mubadzir.

SSD mSATA ini juga mempunyai kelebihan tersendiri yakni tahan terhadap guncangan, memakan daya listrik rendah serta memiliki kemampuan shutdown dan boot.

  1. Harga SSD 2,5 inch

SSD 2,5 inch sangat cocok jika digunakan pada perangkat PC biasa ataupun gamer. Ukurannya lumayan tebal dan paling banyak ditemui di pasaran. Anda bisa menggunakan SSD ini untuk menggantikan jenis HDD agar performa perangkat semakin baik lagi.

Adapun, harga SSD PC ini yaitu berkisar antara Rp. 400.000,- hingga Rp. 850.000,- bergantung pada kapasitas ruang kosong serta dimana Anda melakukan pembeliannya. Macam ruang kosong yang tersedia untuk SSD ini sangatlah beragam yakni mulai dari 20 GB hingga 1 Tera.

  1. Harga SSD M.2 SATA

Hampir sama dengan SSD mSATA, jenis yang satu ini juga didesain khusus bagi perangkat-perangkat potabel layaknya flasdish. Cara kerjanya lebih cepat karena terdapat unsur M.2 di sini.

Brand-brand yang memproduksi jenis SSD ini sangat beragam dan salah satunya adalah Crucial MX. Ukuran kapasitas ruang kosongnya pun juga berjenjang mulai dari kecil hingga besar.

Untuk harganya sendiri, SSD jenis M.2 SATA ini dijual di pasaran dengan rentangan nominal mulai dari Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 3.500.000,-, bergantung pada kapasitas dan juga kualitas masing-masing brand produksinya.

  1. Harga SSD PCIe

Jika Anda ingin memiliki SSD yang kinerjanya lebih baik dari pada jenis-jenis yang telah disebutkan di atas, maka silakan pilih saja PCIe. Perangkat utamanya dimaintain dan dikembangkan oleh PCI Special Interest Group.

Salah satu contoh dari produk SSD ini yakni Intel Optane SSD 905P Series. Kualitasnya sangat bagus dan bisa diandalkan, karena seberapa banyak pun penyimapanannya jarang error pada sistem di perangkat.

Untuk harga jual pasaran dari jenis SSD yang sangat disukai para ahli komputer ini yakni berkisar antara Rp. 1.500.000,- hingga Rp. 5.000.000,-.

  1. Harga SSD M.2 NVMe

SSD yang satu ini juga masih satu seri dengan M.2 SATA. Hanya saja, Ia mampu beroperasi di seluruh bus data secara bersamaan sehingga hal tersebut memungkinkan kinerja perangkat lebih cepat daripada sebelumnya.

Ada banyak produk SSD M.2 NVMe yang dapat Anda temui dari mulai versi murah hingga mahal seperti Samsung dan ADATA. Untuk harga dari SSD PC jenis ini juga masih lumayan ramah di kantong. Nominalnya berkisar antara Rp. 500.000,- hingga Rp. 2.000.000,-.

Demikianlah pembahasan mengenai harga SSD PC yang dapat disampaikan di dalam artikel edisi kali ini. Semoga informasi tersebut membawa manfaat untuk para pembaca sekalian.