membersihkan mesin cuci
membersihkan mesin cuci

Bagi kamu yang masih #dirumahaja dan mulai bosan lalu merasa bingung mau mengerjakan apa lagi, tidak ada salahnya nih untuk bersih – bersih peralatan rumah. Karena jika sebelumnya kita sibuk dengan pekerjaan yang terkadang membuat kita lupa untuk merawat kebersihan rumah, maka di masa santai seperti sekarang ini bisa jadi merupakan waktu yang tepat.

Salah satu yang sering terlewatkan untuk dibersihkan adalah Mesin cuci. Padahal peralatan rumah tangga yang satu ini sangat penting juga lho untuk dibersihkan, apalagi jika mesin cuci tersebut memang dipakai setiap hari. Bayangkan kotoran dari cucian lambat laun mengendap dan jika terus dibiarkan akan membuat bau tidak sedap yang tentunya sangat tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang benar itu? Nah, simak tipsnya berikut ini. Bersihkan beberapa bagian mesin secara rutin

Perhatikan dan cek Berkala bagian mesin cuci ini.

Mesin cuci memiliki bagian-bagian yang perlu diperhatikan secara berkala agar kinerjanya tetap maksimal.

Laci deterjen

Pada bagian ini biasanya seringkali ada sisa – sisa deterjen yang tidak terpakai kemudian lambat laun akan menjadi noda yang mengeras. Kita bisa melepas bagian ini, lalu kemudian rendam menggunakan air panas. Jika masih ada kotoran yang masih menempel kita bisa menambahkan produk pembersih mesin cuci ke dalam air panas.

Untuk membersihkan kotoran pada sela-sela bagian yang sempit, kita bisa memakai sikat gigi bekas. Dan setelah selesai kita bisa bilas laci dengan air bersih lalu keringkan dan pasang kembali. Cek juga saluran yang menghubungkan laci deterjen dengan tabung mesin cuci dan bersihkan.

Ventilasi pada bagian pengering

Ventilasi pada bagian pengering ini perlu untuk dicek dan dibersihkan karena rawan untuk tersumbat oleh benang yang lepas saat mencuci pakaian. Jika sudah tersumbat maka proses pengeringan tidak akan berjalan dengan baik karena air tidak bisa turun secara maksimal.

Jangan biarkan bagian ini lembab, dan usahakan untuk selalu mengelap bagian ini setiap selesai pengeringan. Setelah itu buka penutupnya agar sisa uap air bisa keluar.

filter mesin cuci
filter mesin cuci

Bersihkan dan Ganti Kantung filter

Filter mesin cuci perlu untuk diganti secara berkala setidaknya setiap 2 bulan satu kali. Dan selama rentang itu kita bisa membersihkannya dengan cara melepasnya lalu bilas dengan air yang mengalir agar kotoran yang menempel bisa ikut hanyut. Jika kotoran membandel, kita bisa juga mencucinya dengan sabun lalu bilas, dan keringkan sebelum dipasang kembali.

Bagian luar mesin cuci

Nah jika bagian diatas sudah dibersihkan, maka jangan lupakan bersihkan juga bagian luar mesin cuci yang kita punya. Jangan sampai tampilannya kotor dan terkesan kumuh. Untuk membersihkannya kita dapat menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air panas.

Lap seluruh body mesin cuci, jangan biarkan ada noda yang menempel. Bersihkan juga bagian penutup mesin cuci hingga bagian karet agar bisa menutup dengan sempurna.

Lakukan pembersihan secara berkala

Untuk pembersihan ringan bisa dilakukan secara teratur setiap selesai melakukan kegiatan mencuci. Dan selain itu kita juga perlu mengalokasikan waktu khusus setiap satu bulan sekali untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Dalam pembersihan ini kita bisa mengecek secara seksama mulai dari selang pembuangan apakah ditumbuhi lumut atau tidak, memastikan bagian-bagian mesin berfungsi secara baik, hingga membersihkan tempat mesin cuci yang biasanya kotor karena debu.