tips investasi

Sebagian besar dari kita tentu ingin merencanakan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Kita ingin memiliki tujuan yang ingin dicapai seperti memiliki rumah impian, memiliki mobil dan liburan. Namun, ini bisa tampak mustahil ketika kita memiliki penghasilan rendah.

Bagaimana cara berinvestasi sementara gaji kita kecil? Ingatlah investasi bukan hanya bagi mereka yang kaya raya. Bukan juga mereka yang trading saham miliaran rupiah. Tetapi bahkan berinvestasi dalam jumlah yang sangat kecil pun dapat menuai hasil yang signifikan jika dilakukan dengan konsisten.

Investasi menguntungkan akan membuat uang tumbuh seiring waktu, dan kunci untuk investasi adalah mengembangkan kebiasaan baik. Seperti secara teratur menyisihkan uang untuk di investasikan setiap bulannya dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Tukar kebiasaan ngopi dikafe dengan kopi yang dibuat sendiri di rumah. Itu saja sudah bisa menghemat lebih dari 500ribu sebulan.

Investasi bukanlah cara cepat kaya

investasi penghasilan rendah
stockvision

Setelah kita memiliki sedikit uang untuk ditanamkan, kita dapat mulai berinvestasi. Namun berhati-hatilah, berinvestasi bukanlah cara cepat kaya, tetapi sebaliknya kita perlu memberinya waktu. Kunci untuk berinvestasi dengan gaji yang rendah, adalah mampu menyisihkan sejumlah uang setiap bulan dengan sangat sabar.

Jika kita dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan setiap bulan, baik jika itu hanya 10% atau bahkan 5% dari pendapatan bersih, dan berinvestasi pada instrumen yang tepat maka kita bisa menikmati imbal hasil yang baik.

Mulailah berinvestasi pada opsi yang memiliki faktor resiko rendah dan aman seperti deposito, emas, dan reksadana. Karena imbal hasilnya yang tidak terlalu besar, maka Investasi jenis ini sebaiknya dilakukan untuk investasi jangka pendek atau perlakukan sebagai simpanan untuk dana darurat.

Tips Investasi supaya menguntungkan

  • Pilih opsi investasi berdasarkan berapa lama kita akan melakukannya. Misalnya, jika merencanakan investasi ini sebagai bekal untuk menghadapi masa pensiun maka kita harus memilih investasi yang memberikan hasil yang bisa mengalahkan inflasi. Pelajari dengan seksama jenis investasinya sebelum memutuskan untuk menanamkan uang disana.
  • Yang tidak kalah pentingnya saat berinvestasi adalah lakukan pengecekan secara berkala. Hal ini akan membantu kita untuk memahami apakah investasi yang dilakukan itu tumbuh sebagaimana mestinya lalu jika tetap atau berkurang maka kita perlu mengubah strategi investasinya.
  • Selanjutnya buatlah daftar tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam hidup kita. Daftar tujuan ini bagilah menjadi tiga bagian yaitu jangka panjang, jangka pendek, dan menengah. Tujuan jangka panjang bisa berupa rumah, jangka menengah bisa berupa mobil, dan jangka pendek bisa berupa emas.
  • Jangan lupakan untuk memiliki asuransi, ini adalah cara kita untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin akan terjadi di masa depan. Biaya perawatan kesehatan yang meningkat dengan cepat akan sangat terbantu jika memiliki polis asuransi kesehatan yang efektif dapat membantu kita jika terjadi keadaan darurat.
Artikel sebelumyaTips Memilih Layanan Transportasi dan Logistik Terpercaya
Artikel berikutnya5 Langkah untuk Memastikan Startup dapat Melakukan Scale Up
Seseorang yang suka utak-atik di internet terutama bloging.