mobil bekas murah di jakarta
mobil bekas murah di jakarta

Harga mobil bekas plat B dikenal sangat miring dan terjangkau, kira-kira apa alasannya ya? Pedagang mobil bekas di daerah seringkali berburu mobil hingga ke Ibu Kota, alasan harga yang jauh lebih murah menjadi motivasi utamanya. Selain tentu karena lebih banyak pilihan, bisa dibiang mobil apapun bisa kita dapatkan di Jakarta.

Alasan Mobil Bekas Dari Jakarta Lebih Murah

Yang pertama, ini karena Harga OTR yang lebih murah. Sebagai Ibu Kota, Jakarta memiliki akses yang jauh lebih dekat dengan basis produksi dan penyimpanan produsen mobil. Hal ini otomatis membuat harga On The Roadnya menjadi jauh lebih murah daripada di daerah. Semakin jauh daerah tersebut maka akan ada biaya pengiriman yang membuat perbedaan cukup lumayan.

Mobil bekas murah di Jakarta gampang ditemukan karena populasinya yang memang sangat banyak. Data mengatakan bahwa hampir 40% mobil baru berkutat di sekitar Jakarta. Ini menunjukan bahwa warga Ibu Kota memang memiliki minat yang sangat tinggi untuk urusan memiliki mobil baru. Mereka melepas mobil lama dan membuat suply mobil bekas semakin banyak hingga harganya semakin terjangkau.

plat B

Mobil yang dipakai harian di Jakarta biasanya memiliki body yang tidak mulus lagi. Entah itu scrath ataupun penyok, biasanya ini terjadi karena insiden saat macet terjadi. Senggolan atau serempetan tersebut memang tidak bisa dihindari saat keadan macet dan lalu lintas padat.

Identik mobil capek juga menjadi salah satu yang membuat harga jual mobil bekas murah Jakarta menjadi semakin jatuh. Selalu terjebak kemacetan membuat kinerja mesin panas di putaran bawah. Jika tidak dibarengi dengan perawatan yang mumpuni, mobil-mobil tersebut bisa saja kehilangan performa terbaiknya.

Sering menerobos banjir dan genangan juga menjadi bahan pertimbangan selanjutnya. Kita tahu sendiri bahwa Ibu Kota saat ini masih belum bebas sepenuhnya dari Banjir. Walaupun mungkin tidak terendam dengan parah, namun menerjang genangan-genangan yang ada bisa membuat body mobil berkarat tanpa disadari.

Jeli Memilih Mobil bekas Plat B

Walaupun identik dengan beberapa hal negatif, tetapi faktanya tidak semua mobil plat B itu jelek dan bikin boncos. Untuk itu dibutuhkan ketelitian saat memilihnya. Dari sisi dokumen, pastikan mobil tersebut memiliki surat-surat yang sah. Lalu dari body hingga mesin harus dicek secara menyeluruh, jangan sampai mobil tersebut bekas banjir ataupun eks kecelakaan.

Walaupun memiliki harga beli yang murah, kita juga harus mempertimbangkan biaya pajak dan biaya balik nama ke daerah tujuan. Jangan sampai, sisi ini justru memakan biaya banyak yang membuat harga keseluruhannya menjadi tidak lagi menarik.