GoPro Hero 9 Black
GoPro Hero 9 Black

GoPro akhirnya merilis Hero 9, apasih perbedaannya dengan seri sebelumnya dan apakah perlu memutuskan upgrade ke Hero 9?. Mari kita lihat dari segi spesifikasi dan juga fitur yang disematkan pada si Hero 9 ini. Semoga komparasi ini bisa memberikan gambaran yang lengkap sebelum memutuskan untuk membeli GoPro Hero 9 Black.

Desain dan Tampilan GoPro Hero 9 Black

Perubahan paling mencolok dari GoPro Hero 9 adalah adanya layar preview berwarna di bagian depan kamera dan kapasitas baterainya yang lebih besar. Ini artinya, kini Kita bisa melihat diri sendiri saat melakukan Vlog, dan bisa merekam dengan durasi lebih lama.

Gopro Hero 9 Black

Perbedaan dan persamaan Hero 8 dan Hero 9

  • Hero 8: 66,3 x 48,6 x 28,4mm
  • Hero 9: 71.0 x 55.0 x 33.6mm
  • Hero 8: Layar monokrom di bagian depan
  • Hero 9: Layar berwarna sebagai pratinjau di bagian depan
  • Persamaan: Mount bawaan
  • Persamaan: Color touchscreen di bagian belakang, Hero 9 lebih besar
  • Persamaan: Tahan air hingga 10m

Hero 8 Black adalah produk yang inovatif, seri inilah yang membebaskan pengguna untuk dapat memasangnya dengan aksesori tanpa ribet dengan adanya Built-in mount di bagian bawah kamera. Dan untungnya fitur itu juga ada di Hero 9.

GoPro Hero 9 Black memiliki dimensi body yang sedikit lebih besar daripada Hero 8 Black. Hal ini karena Hero 9 Black memiliki baterai dan layar yang lebih besar serta tambahan layar preview berwarna di bagian depan. Penambahan Beberapa milimeter lebih tinggi, lebih lebar dan lebih tebal ini sangat sepadan mengingat peningkatanya tersebut.

Layar depan model terbaru penuh warna di Hero 9 Black dapat digunakan sebagai tampilan pratinjau langsung, sedangkan Hero 8 Black cuma memiliki layar monokrom yang hanya bisa menampilkan informasi status.

GoPro terbaik: Mana yang harus Kita beli GoPro Hero 9 atau GoPro Hero 8?

Kedua kamera ini memiliki desain serupa dalam hal penempatan tombol dan port. Keduanya memiliki tombol rana di bagian atas dan tombol mode / daya di bagian kiri. Namun, tombol mode / power pada Hero 9 lebih menonjol dari permukaan sehingga lebih mudah untuk ditekan dan dirasakan bahkan tanpa melihat. Sementara Tombol Hero 8 sejajar dengan permukaan, sehingga cukup sulit untuk ditemukan dengan sentuhan.

Tepat di bawahnya, Hero 9 juga memiliki speaker yang dirancang untuk mengeluarkan air, mirip dengan fitur yang telah digunakan Apple di smartwacth. Jadi jika kita membawanya menyelam di bawah air untuk menguji ketahanan hingga kedalaman 10m, itu akan mengeluarkan air yang merembes ke saluran speaker.

Pengambilan dan streaming video

Hero 8: Rekaman hingga 4K / 60 FHD / 240
Hero 9: Hingga 5K / 30, 4K / 60, FHD / 240
Keduanya: streaming langsung 1080p

Hero 9 dalam sisi ini terlihat lebih powerfull, karena dapat merekam hingga resolusi 5K pada rasio 16: 9 dengan ‘lensa’ lebar, linier, dan sempit. Pada resolusi 4K dapat mencapai hingga 60fps dan hingga 240fps pada 1080p. Sementara Hero 8 hanya bisa dimaksimalkan pada resolusi 4K.

Max Lens Mod GoPro Hero 9 Black

Kedua kamera dapat digunakan untuk streaming langsung dan keduanya dapat melakukannya pada resolusi 1080p. Keduanya juga menggunakan kombinasi EIS dan fitur untuk menstabilkan footage menggunakan fitur yang disebut HyperSmooth. Yang membedakannya Hero 9, kemampuanya telah di upgrade menjadi Hypersmooth 3.0 sehingga membuatnya lebih mulus dari sebelumnya plus ada fitur leveling horizon.

Foto dan penampilan

Hero 8: 12MP
Hero 9: 20MP
Keduanya: SuperPhoto + HDR
Keduanya: dukungan RAW
Baterai Hero 8: 1220mAh
Baterai Hero 9: 1720mAh
Keduanya: chip GP1

Ada dua peningkatan performa yang signifikan pada Hero 9 yaitu Resolusi foto dan kapasitas baterai. Memiliki sensor 20 megapiksel versus sensor 12 megapiksel pada model sebelumnya. Kedua kamera memiliki pemrosesan gambar yang sama yaitu GP1 dan keduanya mendukung pengambilan gambar RAW serta pemrosesan gambar HDR yang canggih.

Hero 9 Black memiliki baterai berkapasitas lebih besar, dengan tambahan 500mAh daripada baterai 1220mAh dari generasi ke-8 sehingga menghasilkan total 1720mAh. Dengan upgrade kapasitas baterai tersebut, GoPro Hero 9 bisa memberikan waktu perekaman video 30%lebih lama. Baterai yang lebih besar itu pasti berguna dalam hal kamera aksi. Kita bisa merekam lebih lama dan tidak pelru khawatir kehabisan daya.

Harga GoPro Hero 9 vs Harga GoPro Hero 8

Hero 8: $ 349
Hero 9: $ 499

Dengan beberapa tambahan fitur pada Hero 9 Black membuat harganya meningkat hampir 150$ jika dibandingkan dengan GoPro Hero 8 Black. Dengan layar tambahan di depan, sensor resolusi lebih tinggi, dan masa pakai baterai yang lebih lama, harga ini masih sangat sepadan.