realme c3 unboxing
realme c3 unboxing

Realme, salah satu vendor smartphone yang dikenal dengan harga gadgetnya yang ramah di kantong, kembali meluncurkan produk terbarunya bertajuk Realme C3. Spesifikasi Realme C3 digadang-gadang menjadi yang paling canggih bila dibandingkan dengan seri pendahulunya, yakni Realme C2 dan Realme C1. Benarkah demikian?

Apabila dilihat dari sektor dapur pacunya, Realme C3 ditenagai oleh chipset Helio G70 dengan prosesor octa-core, sedangkan Realme C2 disokong oleh chipset Helio P22. Chipset Helio G70 ini merupakan salah satu dari dua tipe chipset gaming besutan MediaTek. Realme C3 juga merupakan smartphone pertama di dunia berbekal prosesor MediaTek G70 yang sangat ideal untuk kegiatan gaming. Bagaimana tidak, chipset yang satu ini telah dilengkapi dengan teknologi HyperEngine yang memaksimalkan kualitas gambar, gerakan gambar nan mulus serta kestabilan jaringan.

Jika pada Realme C2 tertanam RAM berkapasitas 2GB dan 3GB serta memori internal 16GB dan 32GB, maka Realme C3 memberikan ruang penyimpanan lebih luas dengan RAM 3GB atau 4GB dan internal 32GB atau 64GB. Realme C3 memiliki ukuran diagonal layar sepanjang 6,5 inci berjenis LCD dalam desain mini-drop fullscreen. Resolusi layarnya mencapai 1600 x 720 piksel atau HD+ dengan screen-to-body ratio 89,8 persen. Screen dari Realme C3 juga telah diproteksi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass.

perbedaan realme-c3-2

Melengkapi sektor fotografi, Realme C3 dibekali dengan tiga buah kamera belakang, di mana kamera utama beresolusi 12 MP, 2 MP untuk efek bokeh, 2 MP guna keperluan fotografi makro. Fiitur-fitur fotografi lainnya seerti mode ultra macro, mode portrait, mode HDR, 4x zoom, video slo-mo atau merekam dalam gerakan lambat juga telah tersedia. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 5MP untuk kegiatan selfie maupun video call. Berbeda dengan pendahulunya, yakni Realme C2 yang memiliki kamera belakang ganda 13MP dan 2MP dengan kamera depan beresolusi 5MP.

Untuk seri Realme C2, dijalankan dengan sistem operasi ColorOS 6.0 hasil pengembangan OPP berbasis Android Pie 9.0. Sedangkan pada Realme C3 telah menggunakan versi Android terbaru dipadukan dengan sistem operasi Realme UI. Realme UI sendiri merupakan gabungan dari Android 10 dan ColorOS 7. Fitur-fitur tambahan yang ada pada Realme UI adalah seperti Dual Mode Music Share, 3-Finger Selected Screenshot, Personal, Focus Mode, Information Protection serta Dark Mode.

Baterai Realme C3 dapat menyimpan daya hingga 5.000mAh. Apabila digunakan untuk bermain gamr PUBG bisa mencapai 10,6 jam lamanya. Sedangkan jika dipakai untuk menonton video bisa mencapai 20,8 jam. Tak heran jika ponsel ini berjuluk “Game Monster” karena kemampuannya untuk menjalankan game-game berat dalam waktu yang lama serta kualitas yang stabil. Baterai Realme C3 juga mendukung telah reverse charging, yang dapat difungsikan layaknya powerbank sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lainnya. Realme C3 tersedia dalam dua varian warna yakni Blazing Red serta Frozen Blue dan dibandrol dengan harga 1.7 jutaan rupiah saja.