sumber: pinterest

Kini, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone buat bermain game online. Dalam memainkan game online gak sedikit orang yang terlalu asyik hingga membuatnya lupa waktu. Memang gak bisa dipungkiri, jika bermain game bisa bikin senang, terhibur dan menurunkan tingkat stres. Namun kalau mainnya gak kenal waktu, itu bukan terhibur, tapi sudah kecanduan. Jika sudah begini, masalah kesehatan pun bisa saja menghampiri. Oleh karena itu, buat kamu si pecinta game, selalu ingat waktu kapan harus berhenti main game agar kesehatanmu tetap terjaga dengan baik.

Lagipula, main game online hingga berjam-jam bisa membuat kuota internet kamu terkuras habis, yang bikin pengeluaran kamu ikut menipis. Kalau kamu boros menggunakan kuota internet buat main game online di HP, berikut ada beberapa trik menghemat kuota internet yang bisa kamu terapkan!

  1. Nonaktifkan Fitur Auto Update pada Aplikasi
sumber: pinterest

Di setiap ponsel biasanya terdapat fitur auto update yang berguna untuk memperbarui aplikasi di smartphone secara otomatis jika ponsel sudah terhubung dengan koneksi internet. Ini tentunya bisa membuat kuota internet jadi boros. Untuk mengatasinya, nonaktifkanlah fitur auto update yang ada di AppStore atau PlayStore. Carilah settings update aplikasi, lalu pilih update otomatis saat terhubung dengan WiFi saja.

  1. Koneksi Internet Harus Stabil
sumber: entrakr

Cobalah periksa koneksi internet saat sedang main game online, koneksi internet yang naik turun berpotensi terhadap penggunaan kuota internet yang semakin tinggi sebab dapat membuat logout dengan tiba-tiba. Game yang keluar dengan sendirinya bisa dikarenakan koneksi internet yang gak stabil. Selain kuota internet yang boros, baterai smartphone kamu juga bakal cepat terkuras karena ponsel berusaha mencari jaringan dengan sinyal yang buruk. Untuk itu, pastikan internet kamu stabil buat main game, ya.

  1. Hindari Bermain Game dan App Sosial Media Secara Bersamaan
sumber: pinterest

Buat bermain game online di ponsel pintar, kamu memerlukan uang untuk beli paket data hingga top up FF pulsa buat beli beberapa item di game tersebut. Nah, biar pengeluaran kamu gak boros karena beli kuota internet terus-menerus. Sebaiknya hindari menggunakan app sosial media dan main game secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menghemat kuota internet kamu. Bermain game sambil membuka app sosial media dapat memboroskan kuota internet sebab terdapat lalu lintas data besar yang berjalan bersamaan.

  1. Pakai Data Manager App
sumber: pinterest

Terdapat berbagai aplikasi yang ditujukan untuk membatasi penggunaan data internet pada aplikasi yang ada di smartphone. Data Managers app ini sangat membantu kamu untuk menghemat kuota internet. Kamu dapat membatasi aplikasi seperti Instagram untuk memakai data internet sebesar 500MB dalam sebulan. Dengan begitu, kuota internet kamu pun jadi gak boros.

  1. Manfaatkan WiFi Gratis
sumber: pinterest

Memanfaatkan WiFi gratis buat main game online pastinya tidak akan menguras kuota internet kamu. Semakin majunya teknologi sekarang ini, kamu dapat menemukan WiFi gratis di berbagai tempat umum dengan mudah, seperti restoran, cafe, taman kota, sekolah, kampus, hingga kantor. Bahkan tempat makan di pinggir jarang pun gak sedikit yang menawarkan WiFi gratis buat para pengunjungnya.

Dengan menerapkan tips hemat kuota internet di atas, kamu pun jadi bisa menghemat pengeluaran buat beli kuota internet plus top up murah game online yang kamu mainkan. Semoga informasi ini membantu buat para pembaca semua, ya. Selamat mencoba!