cara mengatasi bau badan
cara mengatasi bau badan

Tinggal di Negara tropis yang lembab dan panas membuat kebanyakan dari kita cenderung berkeringat. Ini adalah hal yang normal, sebagai bagian dari mekanisme tubuh agar kita tidak kepanasan. Namun, yang menjadi masalah selanjutnya adalah ketika kelenjar keringat kemudian bercampur dengan bakteri jahat akan menghasilkan bau tubuh yang tidak diinginkan.

Dalam pergaulan sehari-hari, memiliki bau badan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan menghancurkan hubungan mereka dengan orang lain. Kita mungkin akan sulit berkonsentrasi di tempat kerja atau bersosialisasi karena khawatir teman dan lawan bicara merasa tidak nyaman. Kita tentu tidak ingin dijauhi karena aroma tubuh yang tidak sedap bukan? Nah berikut ini adalah tips agar kita terhindar dari bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak yang pertama adalah mandi setiap hari dengan sabun. Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk melawan bakteri. Dengan mengurangi bakteri pada kulit, kita bisa meminimalkan kemungkinan terbentuknya bau sepanjang hari. Jangan lupakan mandi setelah aktivitas berat seperti berolahraga ataupun setelah bekerja di luar ruang.

Pakailah pakaian yang longgar dan menyerap keringat seperti katun dan linen. Ini akan membuat tubuh untuk tetap terasa adem dan tidak memicu keringat berlebih.

Sebuah studi mengatakan bahwa mencukur bulu ketiak dapat secara signifikan mengurangi bau ketiak. Bulu ketiak yang tumbuh terlalu banyak bisa memicu bau badan karena bisa menjebak keringat, mencegahnya menguap dan bercampur dengan bakteri. Selain itu, dengan mengurangi bulu ketiak antiperspirant atau deodoran dapat melakukan kontak langsung dengan kulit dan bekerja dengan maksimalnya.

Menggunakan antiperspiran atau deodoran setiap hari, setelah mandi, dapat membantu mengatasi bau ketiak. Antiperspiran membantu mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan dengan memblokir sementara pori-pori yang melepaskan keringat. Semakin sedikit keringat yang keluar ke permukaan kulit, maka akan semakin sedikit bau yang dihasilkan.

Sel-sel kulit mati dan kotoran dapat menumpuk di ketiak dan memicu masalah bau badan. Cara terbaik untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati adalah dengan membersihkannya setiap hari atau bisa juga dengan mengoleskan scrub pada ketiak.

Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu bau badan seperti Kol, brokoli, bawang, dan junk food. Namun perbanyaklah sayuran yang berserat tinggi dan mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan lemon yang efektif menekan bau badan.

Yang tidak kalah pentingnya adalah cobalah untuk jangan stress. Karena reaksi stres dapat menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat berlebihan. Manajemen stres dan teknik pengurangan kecemasan dapat membantu memodulasi reaksi stres dan meminimalkan respons keringat fisiologis kita