cara mudah membersihkan mesin cuci 2 tabung

Seberapa sering kamu membersihkan mesin cuci? Ini sangat penting lho, karena walaupun berfungsi untuk mencuci dan selalu di isi dengan air dan sabun ini bukan berarti mesin cuci akan terus bersih. Mesin cuci menerima banyak hal seperti remah-remah makanan, serat pakaian, dan kotoran yang dapat tersangkut di sudut dan celah.

Selain itu, lingkungan yang basah dan hangat di dalam mesin cuci merupakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur dan bakteri. Terutama di area yang sulit dijangkau dan mungkin tidak pernah benar-benar kering. Deterjen dan air bilasan juga dapat menumpuk yang kemudian bisa menimbulkan kerak. Jika terus dibiarkan ini bisa membuat pakaian yang dicuci malah menjadi kusam dan baunya tidak sedap. Selain itu juga bisa menyumbat saluran mesin cucinya itu sendiri.

Idealnya mesin cuci perlu dibersihkan sebulan sekali untuk mencegah penumpukan kotoran, debu, dan sisa-sisa deterjen. Jangan khawatir, ini tidak serumit yang dibayangkan, kita bisa melakukannya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Cara membersihkan mesin cuci

cara mudah membersihkan mesin cuci

Cara mudah membersihkan mesin cuci dimulai dengan menyiapkan kain untuk menyeka kotoran. Sikat gigi bekas untuk menyikat sudut-sudutnya.

1. Bersihkan bagian luarnya

Pertama, bersihkan bagian luar mesin cuci untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel menggunakan kain basah. Campur air dan sabun jika diperlukan untuk menghilangkan noda yang membandel.

2. Bersihkan drum

Untuk membersihkan drum mesin cuci, gunakan tablet pembersih mesin cuci tetapi jika tidak memilikinya, pemutih, baking soda atau cuka juga bisa digunakan sebagai pengganti. Cara memakai tablet pembersih mesin cuci, masukkan ke dalam air, biarkan larut, lalu tuangkan ke dalam drum. Biarkan sejenak, lalu biarkan air mengalir keluar dengan semua kotoran itu.

3. Bersihkan bagian dalam

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dalamnya. Disini kita harus jeli karena ada banyak bagian yang tidak terjangkau. Bersihkan sisa-sisa deterjen dengan kain mikrofiber yang lembab. Kita juga bisa menggunakan sikat gigi bekas, jika diperlukan, untuk kotoran yang membandel. Siram dengan air panas agar kerak bisa luruh dan hilang.

Tips Menjaga Mesin Cuci Anda Tetap Bersih

Agar mesin cuci tetap dalam kondisi prima di sela-sela pembersihan, inilah yang harus dilakukan:

  • Jangan lama-lama membiarkan pakaian basah didalam mesin cuci. Ini akan membuatnya lembab dan mengendapkan kotoran-kotoran.
  • Biarkan tutupnya terbuka sesaat setelah digunakan agar mesin cuci benar-benar kering.
  • Jangan mengisi mesin cuci terlalu penuh dengan pakaian atau terlalu banyak menggunakan detergen. Beban pakaian yang terlalu banyak dapat menyebabkan kelembapan berlebih di dalam mesin cuci, sedangkan sisa deterjen akan berkerak.

Membersihkan mesin cuci akan membuatnya menjaid lebih awet untuk dipakai. Selain itu juga dapat membuat pakaian yang dicuci menjadi lebih bersih, wangi dan segar sepanjang hari.

Artikel sebelumya5 Langkah untuk Memastikan Startup dapat Melakukan Scale Up
Seseorang yang suka utak-atik di internet terutama bloging.